Minggu, 30 Agustus 2015

“Kampoeng UKM dan Gebyar UKM” : Potret Kecil Kegiatan UKM di Universitas Airlangga



          Serangkaian kegiatan PPKMB Amerta telah usai. Kegiatan penyambutan mahasiswa baru tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, terutama dalam hal pengenalan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa. Di Universitas Airlangga terdapat 38 jenis UKM yang bergerak dalam berbagai divisi diantaranya divisi olahraga, divisi seni, divisi khusus, divisi kerohanian, dan divisi bela diri. Mungkin para mahsiswa baru masih bertanya-tanya, sebenarnya apa tujuan mengikuti UKM. Universitas menyediakan UKM sebagai sarana pengembangan bakat mahasiswa pada bidang yang mereka sukai, di UKM kita tidak hanya bisa mengembangkan bakat, namun juga bisa berlatih untuk memimpin dan dipimpin layaknya kita mengikuti organisasi yang lain. Di tahun sebelumnya, pameran UKM dilaksanakan di Gedung Airlangga Convention Center (ACC) namun tahun ini dikemas secara berbeda dengan nama Kampoeng UKM dan Gebyar UKM. Kampoeng UKM dilaksanakan di Danau Kampus C Unair pada tanggal 24-27 Agustus 2015. Sedangkan Gebyar UKM puncak pengenalan UKM dilaksanakan di Gedung ACC pada tanggal 28 Agustus 2015.
          UKM Teater bergerak dalam divisi seni, di UKM ini, mahasiswa dapat melatih kemampuan akting, dan juga public speaking. Mengapa dapat melatih kemampuan public speaking? Karena dengan mengikuti UKM ini, mahasiswa terbiasa percaya diri dihadapan publik. Tentunya skill ini sangat dibutuhkan oleh seorang mahasiswa baik untuk keperluan akademik maupun non akademik. Di Kampoeng UKM, UKM Teater menempati stand no.27 dengan penjaga stand yang unik, karena setiap penjaga stand memakai make up untuk menampilkan berbagai karakter seperti karakter hantu, kuntilanak, ustad dan lainnya. Kampoeng UKM dimulai pukul 9.00-16.00 WIB, para mahasiswa baru yang tertarik untuk bergabung dengan UKM Teater mengisi log book yang berisi nama, fakultas, serta nomor hp mereka. Setiap stand dari UKM menampilkan apa yang menjadi identitas UKM mereka, tentunya dilengkapi juga dengan dekorasi stand yang unik. Setiap UKM juga diberi kesempatan untuk tampil di panggung, mementaskan apa yang mereka rencanakan.  
       

                                               Penampilan UKM Teater saat "Kampoeng UKM"
                                                Penjaga stand UKM Teater Mata Angin
                                            Penjaga stand UKM Teater Mata Angin

                                               Penjaga stand UKM Teater Mata Angin




                                                    Para pemain "Gebyar UKM"
Gebyar UKM adalah puncak dari acara pengenalan UKM yang diisi dengan pementasan di gedung ACC. UKM yang berasal dari divisi seni(Teater, Paduan Suara, Orchestra, Unit Kegiatan Tari dan Karawitan) membentuk kolaborasi unik yang mampu mengalihkan perhatian para penonton. Kegiatan pengenalan UKM ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi para mahasiswa baru , dan mereka dapat memilih UKM manakah yang akan diikuti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar